Selasa, 11 Maret 2014

Tugas PBO (Pemrograman Berorientasi Object)


 Class adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Terdiri dari
dua tipe yaitu : field (attribute/property) dan method (behavior). Class digunakan untuk
mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan “referensi objek
(object reference)”
Attribute Berlaku sebagai data, didefinisikan oleh class,individu, berbeda satu dengan lainnya. Menggambarkantampilan,status, kualitas dari object.
Contoh: classmotorcycle
attribute-nya= color [red, green, silver]
style[cruiser, sport bike, standart]
make [Honda, BMW] Didefinisikan dalam class dengan menggunakan variabel.
Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut "variabel" (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek) atau Obyek adalah = sebuah perangkat lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan.
Method adalah fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk memanipulasi nilai-nilai pada atribut atau untuk melakukan hal-hal yang dapat dilakukan suatu object.
Constructor adalah method khusus yang didefinisikan di dalam kelas dan akan dipanggil secara otomatis setiap kali terjadi instansiasi objek, dan merupakan method yang mengembalikan tipe kelas (dirinya sendiri). Fungsi dari constructor adalah untuk melakukan instansiasi nilai terhadap data-data yang terdapat pada kelas bersangkutan.

1. Implementasikan Class, Method, Atribut, Constructor

public class Profil {

    String nama, alamat, ttl, jk, agama, status, pekerjaan;//sebuah atribut
   
    //sebuah construktor untuk initialisasi atribut
    public Profil(String nama, String alamat, String ttl, String jk, String agama, String pekerjaan) {
        this.nama = nama;
        this.alamat = alamat;
        this.ttl = ttl;
        this.jk = jk;
        this.agama = agama;
        this.pekerjaan = pekerjaan;
    }

    //method untuk menampilkan nilai object
    public void view() {
        System.out.println(" =================== PROFIL ===================");
        System.out.println("| Nama \t \t \t : " + nama + "\t|");
        System.out.println("| Alamat \t \t : " + alamat + "\t\t|");
        System.out.println("| Tempat/Tgl Lahir \t : " + ttl + "\t|");
        System.out.println("| Jenis Kelamin \t : " + jk + "\t\t|");
        System.out.println("| Agama \t \t : " + agama + "\t\t|");
        System.out.println("| Pekerjaan \t \t : " + pekerjaan + "\t\t|");
        System.out.println(" ==============================================");
    }
}

//implementasi class untuk menjalankan project
class object {

    public static void main(String[] args) {
        //sebuah object
        Profil aji = new Profil("Aji Dwi Kusman", "Jenggawah", "JEMBER, 09-01-1994", "LAKI-LAKI", "Islam", "Mahasiswa");
        aji.view();
    }
}


Overloading Construktor adalah sebuah method yang mengembalikan tipe kelas. Pada kenyataan dilapangan, suatu kelas pada umumnya justru memiliki lebih dari satu konstruktor. Selain pada method normal pada umumnya, proses overload juga dapat diaplikasikan kedalam constructor suatu kelas. Hal ini disebabkan karena sebenarnya konstruktor juga adalah sebuah method yang mengembalikan tipe kelas.


2. Implentasikan OVERLOADING CONSTRUCTOR

public class BangunDatar {

    int Panjang, Lebar, Sisi1, Sisi2;//atribut bertipe data integer
    double Alas, Tinggi;//atribut bertipe data double

    //constructor dengan 1 parameter untuk atribut persegi
    public BangunDatar(int sisi) {//tipe data integer
        this.Sisi1 = sisi;
        System.out.println("Luas Persegi: " + sisi * sisi);
    }
    //constructor dengan 2 parameter untuk atribut persegi panjang
    public BangunDatar(int Panjang, int Lebar) {//tipe data integer
        this.Panjang = Panjang;
        this.Lebar = Lebar;
        System.out.println("Luas Persegi Panjang: " + Panjang * Lebar);
    }
    //constructor dengan 2 parameter untuk atribut segitiga
    public BangunDatar(double Alas, double Tinggi) {//tipe data double
        this.Alas = Alas;
        this.Tinggi = Tinggi;
        System.out.println("Luas Segitiga: " + 0.5 * Alas * Tinggi);
    }
    //constructor dengan 3 parameter untuk atribut trapesium
    public BangunDatar(int Sisi1, int Sisi2, int Tinggi) {
        this.Sisi1 = Sisi1;
        this.Sisi2 = Sisi2;
        this.Tinggi = Tinggi;
        System.out.println("Luas Trapesium: " + 0.5 * (Sisi1 + Sisi2) * Tinggi);
    }
}

class MainBangunDatar {

    public static void main(String[] args) {
        //object untuk nilai atribut dari persegi
        BangunDatar LuasPersegi = new BangunDatar(7);
        //object untuk nilai atribut dari persegi panjang
        BangunDatar LuasPersegiPanjang = new BangunDatar(6, 3);
        //object untuk nilai atribut dari segitiga
        BangunDatar LuasSegitiga = new BangunDatar(6.0, 8.0);
        //object untuk nilai atribut dari trapesium
        BangunDatar LuasTrapesium = new BangunDatar(7, 6, 9);
    }
}

Overloading Method adalah suatu cara untuk memberikan nama yang sama kepada dua method yang berbeda meski dua method tersebut berada dalam class yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membedakan tipe parameter, jumlah parameter dan susunan parameter. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :

3. Implementasikan OVERLOADING METHOD

public class OperasiMatematika {

    //method perkalian dengan 3 parameter
    public int hitung(int a, int b, int c) {
        return (a * b * c);//konversi perkalian 3 angka
    }

    //method penjumlahan dengan 5 parameter
    public int hitung(int a, int b, int c, int d, int e) {
        return (a + b + c + d + e);//konversi penjumlahan 5 angka
    }

    //method pembagian dengan 2 parameter
    public int hitung(int a, int b) {
        return (a / b);//konversi pembagian 2 angka
    }
}

class Main {//class untuk main method dan object

    public static void main(String[] args) {
        OperasiMatematika hasil = new OperasiMatematika();//object
        System.out.println("Perkalian 3 Angka: " + hasil.hitung(6, 2, 3));
        System.out.println("Penjumlahan 5 Angka: " + hasil.hitung(8, 2, 1, 4, 7));
        System.out.println("Pembagian 2 Angka: " + hasil.hitung(49, 7));
    }
}





Tidak ada komentar:

Posting Komentar